Minggu, 28 Juli 2013

Ujian Pasti Menyapa



Siapa yang tidak pernah di timpa kesedihan  dan duka? Siapa yang tidak pernah ditimpa musibah? Dan siapa yang selalu hidup senang dan gembira? Sesungguhnya semua orang pernah mengalami keadaan yang tidak menyenangkan  bagi dirinya.  Dan tidak diragukan lagi bahwa tidak ada seorangpun mengalami keadaan yang tidak menyenangkan dirinya, dan tidak di ragukan lagi bahwa tidak ada seorangpun yang selamat dari hal teserbut, sampai para nabi dan rasul serta orang shaleh pun pernah mengalaminya, bahkan ujian yang mereka terimah jauh lebih berat dari yang lainnya.Renungkanlah bagai mana Allah menggambarkan dalam Al-Qur’an tentang ujian dan kepahitan hidup yang menimpah para nabi dan rasul serta orang shaleh, tetapi mereka tetap dan terus bersabar serta ridha menerimah ketentuan Allah tersebut.  Perhatikan bagaimana kisah Nabi Nuh ‘Alihissalam dalam firman Allah  

"Dan (ingatlah kisah) Nuh, sebelum itu ketika dia berdoa, dan kami memperkenankan doanya, lalu kami selamatkan dia beserta keluarganya dari bencana yang besar".
 (Anbiya’:76)                                                                                                                                                                        Tentang kisah Nabi Ayyub ‘Alaihissalam , Allah berfirman :


"Dan (ingatlah kisah) Ayub, ketika ia menyeru Tuhannya: "(Ya Tuhanku), Sesungguhnya Aku Telah ditimpa penyakit dan Engkau adalah Tuhan yang Maha Penyayang di antara semua penyayang".(Anbiya’: 83)

Nabi Ayyub ditimpa musibah sakit selama delapan belas tahun. Sungguh masa yang sangat panjang dalam meneriama cobaan dan penderitaan, tetapi ia tetap sabar dan ridha menghadapinya.  Dan masih banyak lagi kisah para nabi- nabi Allah yang  di timpa musibah yang luar biasa namun mereka tetap sabar. Lihatlah bagaimana mereka memuji Allah atas karunia-Nya berupa surga yang penuh dengan kenikmatan, dan dihilangkannya semua duka dan kesedihan yang dirasakan saat mereka di dunia. Sungguh ini merupakan penyejuk hati orang yang beriman dan obat bagi hati yang sedang berduka, sehingga menjadi sabar dalam menjalani kehidupan dunia ini. Dari sini hendaknya kita sadari bahwa kehidupan ini penuh dengan ujian dan cobaan. Hal tersbut menuntut kita agar memiliki pemaham dan sikap serta akhlak yang benar dalam menghadapinya sehingga dapat keluar dari ujian sesuai dengan apa yang Allah ridhai. 
                            Hidup adalah ujian ,nikmat adalah ujian

Tidak ada komentar:

Posting Komentar